Banjir Strategi Dengan Kingdom Rush

No Comments

Sujud syahwi deh buat Ironhide Games. 

Pasalnya, awak-awak Game Studio dari Uruguay ini membuat satu game Tower Defense terkeren yang pernah gue mainin, ever.

Semenjak salah satu sekuelnya digratisin sekitar bulan April lalu buat Android, kayaknya game ini boleh gue nobatkan sebagai mobile game tower-defense paling jahat.

Kenapa? Karena racun banget!

Biasanya gue cepet banget bosen main tower-defense. Apalagi kalo nggak soal enemy wave yang monoton, skala upgrade yang ngebosenin, dan in-game mode-nya yang itu-ituuu aja. Tapi ternyata semua kefanaan tersebut sirna di game ini.  

Gameplay-nya lucu banget, chibi-chibi gitu karakternya. Great details dan desain plot ceritanya simpel tapi melarutkan. ((MELARUTKAN)).

Garapan gameplay mendetail tersebut direpresentasikan dengan gimana cara kamu menaruh posisi tower yang paling efektif, dan kapan menentukan timing upgrade dengan tepat. Dan yang paling penting itu, lot-lot-lot of upgrades and almost tons of modes! Pantesan game ini tadinya berbayar X)

Kingdom Rush apaan sih?

Kingdom Rush adalah game ber-genre Tower Defense. Di mana kamu sebagai pemain, bertugas melindungi jalan masuk dari serangan musuh dengan upgradeable tower yang disediakan.

Secara konsep emang nggak ada yang spesial. Tapi begitu kamu download dan masuk ke level 1, baru deh kerasa apa bedanya.


Kingdom Rush menuntut kamu untuk tetap aktif hingga level berakhir. Koordinasi mata dan jari kamu akan terus disibukkan buat mengupgrade tower, naruh tentara reinforcement, bikin Hero kamu mondar-mandir ngejaga spot yang berlainan, dan segudang items keren yang bisa dipake jika terpaksa.

Veznan's Stage di Kingdom Rush
Saat ini game Kingdom Rush punya tiga sekuel yang available buat Android dan iOS; Kingdom Rush, Frontier, dan Origins. Meski cuma Kingdom Rush yang gratis, begitu kelar sekuel pertama, pasti langsung nagih buat mainin sekuel berikutnya. Gue jamin :)

Karena gue main yang versi Android, kamu bisa langsung download gamenya via PlayStore lewat link berikut:

Kingdom Rush Download

Kingdom Rush Origins Download
Kingdom Rush Frontier Download

Why Kingdom Rush?

1. Kalau kamu biasa ng-upgrade Tower secara borongan di game lain, di Kingdom Rush nggak bisa begitu. Kenapa? Karena harga upgradenya mahal, sob. Membuat game ini bener-bener strategis dan menantang kamu untuk membuat perhitungan yang tepat.

2. Kalo biasanya kita naruh tower terserah aja, di sini kamu nggak bisa begitu. Setiap placement area towernya udah diatur di setiap stage-nya. Beberapa emang pas, beberapa lagi nyusahin, pinter-pinternya kamu aja manfaatin area tersebut :) 


3. Resources yang kamu punya pun beragam dan unyu-unyu, lho. Dan setiap dari mereka punya dua tipe karakteristik upgrade yang nyenengin banget.

Kingdom Rush Frontier's Towers
  • Barracks yang berperan jadi blocker kamu, bisa diupgrade jadi Paladin yang defensif dan Barbarian yang nyerang serampangan dengan damage tinggi.
  • Archer tower di sini adalah penyumbang physical attack paling krusial, karena nyerangnya paling cepet dan serba guna. Bisa diupgrade jadi Rangers berspesialisasi panah racun dan trap yang nyusahin, atau jadi Musketeer, tukang sniping dari jarak jauh yang damage tembakannya bikin pusing kepala barbie.
  • Di sesi magic-magic, kamu punya Mage Tower yang damagenya dikenal paling sakit di game ini. Upgrade jadi Elemental Sorcerer lalu pakai Elemental Giant-nya buat blokir jalan musuh, atau jadi Dark Arcane yang kerjaannya altering reality, bisa teleport-in musuh jadi balik pulang lagi :)
  • Hidup rasanya belum lengkap tanpa artillery sadis.Kamu bisa upgrade jadi mortar raksasa ala Clash of Clans atau dijadiin Super-Tesla buat nyetrum musuh secara jamaah. It's all up to you.
http://id.techinasia.com/review-kingdom-rush-origins/
  • Jangan lupa, kamu dibekali satu Hero yang bisa kamu pilah-pilih di Hero Room. Selama permainan, Hero ini bisa levelling tergantung dari berapa banyak musuh yang dikill. Meski beberapa Heroes yang keren masih bayar, yang gratis juga udah lumayan kok :)

4. Kalo biasanya kita mainin satu stage dengan 15-20 wave langsung kelar, game ini menantang kamu buat menaklukkan tiga mode dengan challenge yang beda-beda serta level kesulitan yang bervariasi di setiap stagenya, yakni Campaign, Heroic, dan Iron.
 

Musuh yang keluar pun juga tergantung dari letak daerah dan mode yang lagi kamu mainin. Belum lagi soal layout dari setiap stagenya, pastinya bikin kamu tertantang buat bikin strategi efektif yang lebih baik lagi. Jadi, kamu nggak perlu takut game ini cepet tamatnya :)


5. Gems yang biasa jadi premium money di game ini gampang kok dapetinnya. Kamu akan dapet gems setiap menangin satu stage, dan bisa diulang. Jadi, nggak usah takut frustasi karena kalah-kalah melulu :)

[Pret's-pektif]

Kesimpulannya, game ini worthed banget buat didownload dan dibeli. 

Sedikit warning nih, karena di setiap sekuel Kingdom Rush ada beberapa koleksi Hero yang berbayar, mending jangan diturutin yah. Nanti mainnya jadi nggak asik gara-gara nyobain hero yang (kalo dari foto-fotonya) emang keren abis.

Kingdom Rush Wiki
Ngerasa buntu? Ternyata udah ada lho forum Wikinya yang ngebahas segala macem printilan mendetail di game ini. Yang nyenengin lagi, Ironhide udah menyediakan walkthrough video yang lengkap di website resminya. So, nggak usah kuatir ya :)

Kingdom Rush Strategy Guide
Kingdom Rush Frontier Strategy Guide
Kingdom Rush Origins Strategy Guide


Enjoy and happy gaming!

0 respon:

Post a Comment